Rabu, 20 Juli 2011

Type-Type Semen

Semen Portland
Adalah perekat hidrolis yang dihasilkan dengan cara menggiling klinker yang kandungan utamanya kalsium silikat dan digiling bersama-sama dengan bahan tambahan berupa satu atau lebih bentuk kristal senyawa kalsium sulfat.





Semen Portland Tipe I
Dipakai untuk keperluan konstruksi umum yang tidak memerlukan persyaratan khusus terhadap panas hidrasi dan kekuatan tekan awal. Cocol dipakai pada tanah dan air yang mengandung sulfat antara 0,0%-0,10% dan dapat digunakan untuk bangunan rumah pemukimam, gedung-gedung bertingkat dan lain-lain.





Semen Portland Tipe II
Dipakai untuk konstruksi bangunan dari beton massa(tebal) yang memerlukan ketahan sulfat (pada lokasi tanah dan air yang mengandung sulfat antara 0,10%-0,20%) dan panas hidrasi sedang, misalkan bangunan dipinggir laut, bangunan di bekas tanah rawa, saluran irigasi, beton massa dan dam-dam dan landasan jembatan.




Semen Portland Tipe III
Dipakai untuk konstruksi bangunan yang memerlukan kekuatan tekan awal tinggi pada fase permulaan setelah pengikatan terjadi, misalnya untuk pembuatan jalan beton, bangunan-bangunan tingkat tinggi, bangunan-bangunan dalam air yang tidak memerlukan ketahanan terhadap serangan sulfat.
 



Semen Portland Tipe V
Dipakai untuk konstruksi bangunan pada tanah/air yang mengandung sulfat melebihi 0,20% dan sangat cocok untuk instalasi pengolahan limbah pabrik, konst
ruksi dalam air, jembatan, terowongan, pelabuhan dan pembangkit tenaga nuklir.





Super Masonry Cement
Semen ini dapat digunakan untuk kontruksi perumahan,gedung,jalan dn irigasi yang struktut betonnya maksimal K 225. Dapat juga digunakan untuk bahan baku pembuatan genteng beton, Hollow brick, Paving Block, tegel dan bahan bangunan lainnya.





Portland Pozzolan Cement ( PPC )
Semen yang memenuhi persyaratan mutu semen Porland Pozzoland SNI 15-0302-2004 dan ASTM C 595 M-95 a.dapat digunakan secara luas seperti: Kontruksi beton massa ( bendungan,Dam ,irigasi ),Kontruksi beton yang memerlukan ketahanan terhadap sulfat ( Bangunan tepi pantai,Tanah rawa), Bangunan/Instalasi yang memerlukankekedapan yang lebih tinggi,Pekerjaan pasangan dan plesteran.



Oil Well Cement, Class G-HSR
Merupakan semen khusus yang digunakan untuk pembuatan sumur minyak bum dan gas alam dengan kontruksi sumur minyak dibawah permukaan laut dan bumi ,OWC yang telah diproduksi adalah class G,HSR ( high Sulfat Resistance ) disebut juga sebagai "Basic OWC".Adiktif dapat ditambahkan untk pemakaian pada berbagai kedalaman dan temperatur.



0 komentar:

Poskan Komentar